Persiapan Nikah

Hi everybody

Jadi hari ini gue akan coba share pengalaman yang luar binasah saat mempersiapkan PERNIKAHAN. Semoga ceritanya berfaedah ya. Check this out!

16 Desember 2017 itu hari yang membuat semua perasaan gundah gulana, pusing, mumet, pala senat-senut tiap hari, pengen nangis terus semuanyaaaaaa jadi petjah! Kenapa? karena ini puncaknya. Hari dimana gue sudah berubah status dari Jomblo akut menjadi istri orang. AYEAY! Bahagia ga nikah? Bahagia banget!!!

Sebelum dan setelah acara pernikahan itu, lada beberapa orang yang bertanya tentang berbagai hal persiapan nikah, macem gini nih:
1. Pake WO ga?
2. MUA nya siapa?
3. Berapa juta abisnya?
4. Pake acara adat?
5. Catering pake siapa?
6. Fotografer?
7. Lo ada seragamnya gitu ga sih buat keluarga dan temen-temen?
8. Temanya apa? warna apa?
9. Maharnya beli dimana?
10. ini .... itu.... ini...itu.... (Lupaaaaa)


ALRIGHT, jadi dari beberapa pertanyaan itu, gue akan jawab dalam sebuah rangkuman (anak SD kaleeee ngerangkum-ngerangkum segala).

Siapa sih WO lu nu? Gue sendiri kali yah hahaha. Emang lu bisa? Bisa tau wkwk. Gue memang agak ribet orangnya. Pengen nikah dengan modal secukupnya tapi pengennya keliatannya beda (songong kan)! Karena dari jauh-jauh hari sudah coba untuk browsing dan tanya sana sini tentang paketan pernikahan di WO-WO sekitaran Serang dan Tangerang dan hasilya ga ada yang cocok dari segala sisi jadi yasudah bismillah gue memutuskan untuk jadi WO di nikahan sendiri.

1. TEMA
Waktu itu cuman kepikiran pengen nikah dengan tema serba putih biar keliatan sederhana tapi sakral gitu :p. daaaaaan pengennya semi garden party secara rumah ortu agak mendukung gitu yah banyak rumput liar plus ruyuk awi wkwkwk ruyuk awi banget ga tuh bahasanya (ruyuk awi means hutan bambu). Orang mah garden party di hutan pinus nu -_-.

2. TENDA PELAMINAN
Ini bukan nyari sih, lebih tepatnya gue sangat beruntung karena punya saudara yang berbakat untuk dekorasi tanaman dan pernah juga dekorasi untuk pernikahan dengan tema Garden Party. Gue ceritainlah tema yang diinginkan dan beliau bilang "Ok kayanya gampang!". Waktu itu cuman modal kirim foto pelaminan hasil browsing di Pinterest kaya gini nih:


Itu foto hasil browsing Pinterest. Kalau di bawah ini hasil dekorasi saudara dan timnya.


not bad at all, suka banget!!

3. SEWA TENDA TAMU
Setelah menentukan tema dan adanya ahli dekorasi pelaminan, gue cari tempat penyewaan tenda di sekitar rumah dan kebetulan dapet referensi dari temen-temen di kampung untuk sewa tenda di Mas Aris aja kalau mau sewa tenda kerucut warna putih. Oke akhirnya gue kesana untuk bilang maksud dan tujuan. Dapetlah tenda ukuran 3x3m dan 5x5m tapi tempat penyewaan tenda ini ga bisa menyediakan untuk tenda pelaminan. Adanya malah yang langsung ukuran 10x10m dengan budget yang sangat lumayan. Ini detailnya ya:
@1 3x3m = Rp. 300.000
@1 5x5m = Rp. 500.000
@1 10x10 = Rp. 10.000.000
Jadi karena hal itulah gue memutuskan untuk ambil tenda kerucutnya aja yang ukuran 3x3m 4 buah dan 5x5m 1 buah. Untuk tenda pelaminannya gue dapet referensi langsung dari Mas Aris ini untuk ke rekanannya yaitu Tenda Jayanti plus dikasih nomor HP nya. Dihari yang sama kita langsung janjian sama owner Tenda Jayanti untuk ketemu di tempatnya. Singkat cerita gue fix sewa beberapa item dari Tenda Jayanti ini:
1. Blower 2
2. Tenda Pelaminan 6x4 m free biaya pemasangan
3. Kain Putih
4. Bunga Sakura Putih 2
5. 1 Paket bangku pelaminan bonus kotak amplop 2 dan 2 vas bunga
6. 1 set meja akad nikah
7. Karpet merah
8. 1 set alat perasmanan
9. 2 set meja penerima tamu
Sewa semua item yang sudah disebutkan itu gue cuman bayar sekitar 4 juta. Murah? menurut gue lumayanlah degan banyaknya item yang disewa.

4. MAKE UP ARTIST (MUA)
Setelah cari kemana-mana, tanya sana sini, akhirnya gue memutuskan untuk pakai MUA temen waktu kuliah hehe. Namanya Ririn, hasilnya? jujur puas banget sih due to not too much sesuai dengan yang gue mau sederhana tapi berkesan. Harganya? Lumayan terjangkau banget aseli (iyelah secara gue nego keras wkwkwkw)


Itu hasil make up nya. Aku syukaaaaak!

5. GAUN PENGANTIN
Bung berhubung gue udah pengen banget Ririn yang make up in pas nikahan, tapi minusnya karena Ririrn waktu itu belum punya gaun sendiri alhasil gue mayan pusing sih nyari-nyari gaun. At least gue harus sewa 2 gaun, pertama untuk akad (kebaya beserta aksesorisnya), kedua gaun malam. Gaun siang gue usaha untuk cari desain dan cari penjait sendiri wkwkkw (lagi lagi nekat ye dalam waktu 2 bulan bikin gaun segala). Awalnya iseng-iseng nanya jasa gaun pengantin OSD. Tau khaan? gue bukalah aplikasinya terus diisi budget yang dipunya, gue tentuinlah Rp. 1.500.000 - 2.000.000. Eh abis itu sampe saiki ga dihubung-hubungi wkwkwk mungkin managemennya juga pusing kali ya kalau budget segitu bisa kebuat gaun apaan wkwkw.
FINALLY, gue nyari aja bahan sendiri di tanah abang.
- Bahan velvet putih gading 2.5 m seharga Rp. 62.500
- Brukat putih gading 3 m seharga Rp. 150.000
TOTAL BAHAN: Rp. 212.500
Terus yang jait siapa nu? Kang jahit tetangganya temen di depok dengan biaya jahitnya Rp. 400.000. Jadi TOTAL SEMUANYA Rp. 612.500.


Itu hasil jahitan gaunnya. Bagus ga? heheh aku sih YES love it.
Lanjut ya. Sekarang bahas sewa kebaya akad dan gaun malam.
- Kebaya akad wanita dan pasangannya = Rp. 600.000
- Siger dll = Rp. 150.000 (kalau ga salah lupa sih)
- Gaun malam wanita dan pasangannya = Rp. 500.000
- Kebaya Ibu dan Mamah mertua, jas ayah dan adik, jas hitam suami = Rp. lupa hahah
If i'm not mistaken totalnya untuk sewa kebaya pengantin, orang tua, dan aksesoris = 2 jutaan.

6. ACARA ADAT SUNDA
Lagi lagi pakai jasa om sendiri hehehe. Alhamdulillah dikelilingi sama saudara yang kreatif, talented, pokoknya zuperb deh. Berapa nu sewa acara adat? Berhubung saudara jadi pakai harga saudara bangettttttt sumpah om baik banget.



Catering dll ku serahkan sama ibu hehe.
Sekian ya, semoga bermanfaat tulisannya. Semangat mempersiapkan pernikahan. Loveeee

Komentar

Miyaa mengatakan…
Baru liat blog ini lg dan ternyata ada apdetaan. Aaaakkkk. 🤩 trims noss, isi postnya sangat bermanfaat untukkuu😍
Hai miawwwkuuuuu. Maacih udh mampir di blog yg unfaedah ini hehd

Postingan populer dari blog ini

2020 feels like...

TRIP TO JOGJA WITH INFANT (PERSIAPAN)