TRIP TO JOGJA WITH INFANT (PERSIAPAN)

Assalamualaikum,
Kali ini gue akan coba sharing sharing ke keliaan para ibu ibu bapak bapak semua yang ada disini #bacanya sambilnyanyilagunyaInulDaratistaGituYa tentang "Trip to Jogja with Infant".
Yuk baca dengan seksama :)

Sebenarnya pengen banget gitu buat vlog kayanya asik. Tapi gue kaya udah ribet sendiri mikirin edit ini dan itunya ditambah kayanya muka ga mendukung banget buat ada di video wkwkwk jadi yaudahlah ya sharing pengalaman di blogger saja.

Jadi berawal dari kehaluan gue ngomong sama suami "yah ultah Dylan jalan jalan yuk ke Malang kayanya asik nanti blablablablabla" dan suamik mengiyakan dong. Alhamdulillah proposal di ACC. Yaudah akhirnya kita nabung sedikit demi sedikit. H-40an kita belok setir jadinya ke Jogja dikarenakan tiket pesawatnya mehooong, waktu itu searching 2 bulan sebelumnya kisaran 700 lebih per orang ya kalau dikali 2 1,5an. Khaaan lumayaaaan buibuu. Ya namanya juga pengen jalan jalan tapi dana terbatas alias backpackeran hehehe harap maklum. Jadilah kita mantapkan hati untuk ke Jogja. Bismillah.

Di Bulan Agustus kebetulan lagi banyak promo di beberapa travel agency macem Traveloka, PegiPegi, Tiket.com,etc ya karena bertepatan dengan hari kemerdekaan juga sih. Yaudah dimanfaatkanlaaah. Setelah membandingkan dari kisaran 5-6 travel agency yg lagi promo kita mantapkan booking via Traveloka. Ohiya booking ini untuk kepulangan kita. Kepergiannya urutan sekian hahaha nekaaad khaan. Ya bukannya tanpa alasan sih, berhubung itu promo akan berakhir dalam 2 hari sedangkan tiket kereta belum bisa di booking H-30 jadi yaudah terpaksa da booking tiket pesawat dulu.

Eh btw mending gue jelasinnya point per point aja kali yak. Ok berikut adalah persiapan sebelum kepergian (eh kepergian? Kok serem sih-,- apasih itulah pokoknya).

1. BOOKING TIKET PULANG PERGI

Ini sudah gue jelaskan di paragraf sebelumnya. Tiket pulang ini gue dapet H-40an melalui aplikasi Traveloka dengan exclusive coupon yang dikirim Traveloka ke Email.
Jadi total yg gue bayar untuk 2 dewasa dan 1 bayi menggunakan maskapai Batik Air (bagasi 20 kg, entertaint, makan) dari Bandara New Yogyakarta International Airport Kulon Progo adalah Rp. 829.000 dan akan mendarat di Soekarno-Hatta International Airport. 

Tiket perginya pakai Senja Utama Ekonomi dengan harga 300.000/penumpang. Tiket kereta ini gue pesen di Mister Aladin dan dapet diskon pula. Jadi dari 600.000 cuman bayar Rp. 486.000. Tapi menurut gue ini rada mahal sih karena sebenarnya bisa aja dapet kereta jauh lebih murah dari ini bahkan ada yg cuman 78.000. Tapi menimbang suami mau kerja dulu di hari Jumat at least setengah harilah katanya. Tapi masalahnya gak ada kereta yang berangkat pas setelah sholat Jumat, ditambah gue mikir "apakah Dylan akan nyaman dengan kereta ekonomi seharga 78.000 dg kursi agak keras (based on pengalaman sendiri pernah naik kereta seharga ini ke Jogja) ditambah perjalanan lumayan panjang?" Ohwaaaw gue rada gamau ambil resiko Dylan bakal kolik di dalem kereta. Jadilah dapat kereta jam 19.00 WIB jadi suami bisa full kerja dulu. Tetep yah gamau rugiii wkwkwk
Tips:
1.Cari tiket dari jauh jauh hari kalau mau pakai pesawat. Aseli lebih murah. Sebelum dapet batik H-3 bulanan gue dapet 700 ribuan buat bertiga dg maskapai Sriwijaya Air (bagasi 20 kg, entertain, makan) cuman karena masih bingung mau kemana jadi batal dah atau bahkan mungkin ada yang daet yang lebih urah juga dari 700
Pun demikian dengan tiket kereta. 
2. Jangan males-males bandingin harga dari beberapa travel agency meskipun harus Download banyak aplikasi travel hahaha. Ya kan usaha ga akan mengkhianati hasil. Bukan gituhhh buibuuu????? Mister Aladin is the best travel agnecy i've ever used for booking train ticket.
3. Atau kalau ga mau ribet cari aplikasi perbandingan harga tiket perjalanan.

2. BOOKING HOTEL

Setelah cari-cari hotel dengan banyak melihat promo di berbagai aplikasi pemesanan hotel, akhirnya dapat Flash Sale di Airy Room untuk Hotel Jogja Amazon Green 1 seharga Rp. 92.723 untuk dua malam pertama. Murah khaaaaaan????


Selanutnya, untuk malam terakhir di Jogja kita baru booking H-1. Kenapa ga sekalian booking sebelumnya? karena kita masih bingung hari terakhir mau nginep hotel deket Bandara, Malioboro, atau di Hotel yang sama. Akhirnya setelah membandingkan harga hotel dan rencana pengen stay lama deket Malioboro, kita memutuskan untuk pesen hotel di RedDoorz seharga 190.000 tapi dapet diskon jadi cuman bayar Rp. 152.000. Jadi total booking hotel 3 malam adalah Rp. 244.723.  


3. RENTAL KENDARAAN

Rencana awal kita udah ngerencanain sehari naik motor sehari naik mobil jadi "ameh irit kituuuu". Eh rencana tinggallah rencana haha. Ujung ujungnya kita rental mobil buat 2 hari bonusss sehari anter ke stasiun.

Jadi, gue dan suami udah cari-cari di website sana sini rental mobil di Jogja dan hasilnya lumayan yah sehari rata-rata 300.000. Duh mahal cyiiiin belum lagi nemu rental yang harus bayar deposit DUA JUTA khan akuu ga shanggup. Akhirnya berkat bantuan saudara yang punya adik di Jogja, kita dapet mobil di harga 275.000 per hari. Ya ga jauh beda sih sama 300.000 tapi ini enak. Dia udah nawarin subuh - subuh buat di anter ke hotel pas kita baru nyampe 30 menit Lhalhuuuuu diambil lagi mobilnya 3 hari kemudian pas kita mau pulang ke Jakarta. Kalau udah di rental yang kita sama sekali ga kenal mungkin udah kena charge kali ya. Alhamdulillah "the power of ukhuwah islamiyah" hehe. jadi total rental mobil 2 hari Rp. 550.000.

4. AKOMODASI

Akomodasi ini mencakup perkiraan makan, HTM tempat wisata, bensin, oleh-oleh, dan biaya tak terduga lainnya.

Awalnya, kita merencanakan bensin 2 hari itu Rp. 200.000, makan 3 hari Rp. 300.000, oleh-oleh Rp. 300.000, HTM tempat wisata Rp. 200.000. Awalnya loh ini, nyatanya??????? hahaha ya kitu laaaah. Setelah dilaksanakan (jiah laksanakan), bensin cuman Rp. 150.000 buat 2 hari setengah, makan? more than Rp. 300.000, oleh-oleh? more than Rp. 300.000, HTM tempat wisata? nah kalau ini sesuai sama rencana hehe. Terus biaya tak terduga???? BUANYAKKKK wkwkwk.

Jadi berapa akomodasinya? Anggaplah Rp. 1.400.000

Tips:
- Lebihkan anggaran untuk setiap detail akomodasi. Misalnya oleh-oleh dirasa cukup cuman Rp. 300.000. Eh lebihin aja jadi Rp. 500.000. Meskipun yang dipikiran kita oleh-oleh harus Rp. 300.000, lebih dikit bolelaaah.

Nah, jadi itu yah buibu kira-kira anggaran untuk Traveling ke Jogja all in Rp. 3.500.000. MURAH ATAU MAHAL?

5. BARANG BAWAAN

Nah ini persiapan terakhir. Barang bawaan ini gue list sesimpel mungkin kecuali barang bawaan Dylan yang ga bisa ditolerir ya karena harus bawa segala-gala, macem bawa sabun cuci botol, sikat botol, termos dll. Berikut barang bawaan Dylan:
1. 5 baju stel + tambahan kaos (jaga jaga takut muntah atau basah mainin air)
2. 3 baju tidur
3. 6 kaos dalem 
4. Diapers 4 hari 3 malem cukup bawa 12 pcs
5. 5 botol susu
6. Container isi susu 
7. Termos 75 ml
8. Sikat botol
9. Sabun cuci botol
10. Set makan (garpu, sendok, 1 tempat makan plus tutupnya, botol minum)
11. Mainan pasir ukuran kecil
12. Tissue basah dan kering
13. Minyak telon, hair lotion, balsem telon
14. Obat demam, batuk, pilek, termometer, dan kompres gel penurun panas (ini penting banget ya buibu)
15. Cemilan
16. Stroller (penting ga penting sih sebenernya tapi gue kaya penasaran aja pengen bawa hahaha)
17. Gendongan

Kalau untuk gue dan suami ya simpel banget deh pokoknya. Total tas yang kita bawa itu 1 carrier, 1 diapers bag dan 1 totebag kecil. Udah deh. Ohiya sama nenteng Stroller deng. Eh Itu simpel ga sih hahaha.

Yaudah gitu aja. Semoga bermanfaat ya tulisannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2020 feels like...